Kegiatan Outbound Revolusi Mental

Kantor Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat

Camp Hulu Cai, Bogor 23 – 24 September 2016

 

Dalam rangka peningkatan kapasitas ASN, Kantor Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat di Jakarta mengadakan kegiatan outbound dengan mengambil tema “Revolusi Mental” yang diselenggarakan di Camp Hulu Cai Bogor tanggal 23 – 24 September 2016.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Daerah Ibu Juliana A. Maitimu, S.Mn mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja ditahun 2016 dengan tujuan untuk membangun kebersamaan diantara staf dan pimpinan, selain itu untuk meningkatkan kesadaran diri  setiap staf akan potensi yang dimilikinya.

Acara diawali dengan kegiatan membangun pola pikir sukses yang dibawakan oleh Bapak Yufes Hilmi seorang trainer yang telah lama berkecimpung di dunia training and education. Materi yang dibawakan dikemas dengan menarik untuk memberikan pengetahuan baru bagi semua peserta akan pentingnya membangun pola pikir sukses dengan memanfaatkan sumber daya untuk sukses yaitu waktu, Badan (panca Indera) dan otak. Pemanfataan yang maksimal ketiga sumber daya tersebut diyakini sebagai cikal bakal dalam meraih kesuksesan baik dalam kehidupan dirumah maupun di tempat kerja.

Lebih lanjut Bapak yusef hilmi menerangkan secara umum ada empat kunci perubahan menuju sukses yaitu :

  1. Cara berpikir ; pemanfaatan pikiran sadar dan alam bawah sadar yang optimal
  2. Keyakinan ; dapat membuat seseorang melakukan hal yang luar biasa, begitupun sebaliknya
  3. Tujuan ; membuat tujuan hidup yang sangat spesifik dan terukur agar mendapatkan hasil yang besar.
  4. Perbaikan terus menerus ; melalui pelatihan.seminar, buku bacaan, dll.

Keesokan harinya peserta diajak bermain dilapangan. Materi permainan berupa penguatan team buliding ; bagaimana membangun kekompakan dalam satu team work yang baik serta saling mendukung satu sama lain demi pencapaian kantor/organisasi.

Acara ditutup dengan kegiatan rafting di sungai cisadane yang bertujuan melihat keindahan alam sekaligus mensyukurinya dengan harapan peserta semakin lingkungan sekitarnya sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Disamping itu melalui rafting ini peserta diajak melihat bagaimana sesungguhnya hidup itu, bagaikan aliran sungai yang terus mengalir sampai ke hilirnya. Begitupun dengan kehidupan manusia yang akan terus maju tanpa bisa mundur lagi. Segala rintangan yang hadapi didepan akan selalu menjadi motivasi tersendiri untuk menyelesaikan rintangan tersebut, melalui perjuangan dari diri sendiri dan selalu membangun kerjasama dengan orang lain.

Diakhir kegiatan Ibu Juliana A. Maitimu menyampaikan harapan dengan kegiatan ini akan membawa energi baru bagi setiap staf sehingga ketika kembali ke kantor akan membawa perubahan baik untuk diri sendiri maupun dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai ASN demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat Papua Barat yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.