Jakarta Fair 2016

Gedung Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran

10 Juni – 17 Juli 2016

Dalam rangka ulang tahun Ibukota Jakarta, diadakan Kegiatan Jakarta fair yang berlangsung dari tanggal 10 Juni – 17 Juli 2016 yang berlangsung di Gedung Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta (JIE) Pusat. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh PT. JIE dengan mengundang sejumlah badan usaha baik swasta maupun dari Pemerintah Daerah untuk menampilkan produk unggulan masing-masing.

Kantor Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat melalui unit kerja Seksi Promosi dan Informasi turut ambil bagian dalam kegiatan Jakarta fair tahun 2016, dengan menampilkan produk unggulan daerah. Keterlibatan langsung SKPD dari Provinsi seperti Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan terpadu, Dinas perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam even ini memperlihatkan adanya kerjasama dan hubungan yang harmonis antara Kantor Perwakilan Daerah dengan SKPD di daerah.

Dalam even ini juga kantor Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat memfasilitasi forum table top yang di helat oleh Dinas Pariwisata Provinsi Papua Barat di Gedung Rinjani – JIE pada tanggal 29 Juni 2016. Dalam forum ini Dinas Pariwisata mengundang sejumlah travel agent dan pemilik resort serta maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah Papua Barat. Dengan harapan tentunya akan semakin menggairahkan Pariwisata di Provinsi Papua Barat dengan indikasi bertambahnya tingkat kunjungan baik wisatawan domestik maupun internasional.

Serangkain kegiatan juga diikuti oleh stand Papua Barat mulai dari karnaval bersama peserta lainnya sampai pemberian hadiah khusus kepada pengunjung yang beruntung berupa paket wisata ke Raja Ampat hasil kerjasama antara Kantor Perwakilan Provinsi Papua Barat dengan maskapai Xpressair dan sejumlah resort yang beroperasional di Kabupaten Raja Ampat.

Menurut Koordinator Stand Papua Barat Bapak Yulianus Paribang, S.Sos keikutsertaan Kantor Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat yang merupakan kali pertama dalam event ini, memberikan ruang promosi daerah yang sangat potensial mengingat jumlah kunjungan masyarakat ke Jakarta Fair sangat besar (kurang lebih 5 juta orang tahun 2015). Selain itu juga sebagai sarana pengenalan produk unggulan daerah yang diharapkan dapat bersaing dengan produk dari Provinsi lainnya.